You are currently viewing Personil Sat Sabhara Polres Sorong Melaksanakan Pemantauan dan Patroli Dialogis di SPBU

Personil Sat Sabhara Polres Sorong Melaksanakan Pemantauan dan Patroli Dialogis di SPBU

Polres Sorong – Satuan Sabhara Polres Sorong mengintensifkan patroli keamanan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Langkah ini diambil untuk menjamin keamanan segala aktivitas di area SPBU dan menghindari praktik kecurangan yang dapat mengganggu stabilitas situasi keamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Sabtu (30/03/2024)

Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru, S.H.,S.I.K., M.H Melalui Kasat Sabhara Polres Sorong IPTU L.Simanjuntak, S.H Menyampaikan bahwa patroli ini memastikan pasokan BBM yang lancar dan aman bagi masyarakat dan kususnya para pemudik.

“Patroli dilakukan untuk memastikan kelancaran dalam pengisian BBM dan tidak ada praktik kecurangan di SPBU, seperti manipulasi meteran dispenser BBM, ataupun Pencampuran BBM dengan bahan lain” jelasnya.

IPTU L. simanjuntak S.H, juga mengimbau kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang merugikan konsumen dan masyarakat. Selain itu, patroli ini juga dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di sekitaran area SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan.
“Kami tidak ragu memberikan sanksi tegas kepada SPBU yang terbukti melakukan kecurangan,” tegasnya.
Sebelumnya, Kasat Sabhara mengungkapkan bahwa modus kecurangan yang sering dilakukan oleh oknum SPBU adalah dengan menggunakan tambahan untuk memanipulasi meteran pengisian BBM pada dispenser, dan ada juga yang mencampur dengan bahan lain.
“Modus lainnya adalah memanfaatkan sistem digital untuk memanipulasi meteran. Kecurangan semacam ini dapat merugikan konsumen dan memicu timbulnya gangguan kamtibmas jelang Hari Raya” pungkas Simanjutak.

Untuk itu, Polres Sorong akan terus melakukan patroli dan pengawasan di SPBU guna memastikan kelancaran dan keamanan dalam pengisian BBM bagi para masyarakat dan pemudik, sehingga baik menjelang, Hari Raya Idul Idul Fitri maupun setelahnya, Situasi tetap Nyaman dan Kondusif.

Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply